Pengertian Investasi menurut beberapa pakar dan ahli

Apa itu investasi? Bagi sebagian besar orang mungkin sudah mengenalnya atau bahkan sedang menjalani bisnisnya sekarang. Namun, sebagian lagi masih bingung terkait pengertian, cara kerja, cara mendapatkan keuntungan, kelebihan dan kekurangannya. Dalam hal ini beberapa pakar dan ahlinya memberikan pengertian atau definisi tentang Investasi itu sendiri. Bagi para pemula wajib untuk menyimaknya terlebih dahulu.

Pengertian Investasi menurut beberapa pakar dan ahli
Investasi bukanlah suatu perkara yang mudah dan sederhana. Mengapa? Karena investasi itu sendiri melibatkan untung dan rugi bagi seseorang. Salah dalam berfikir dan bertindak, Anda bisa ditipu oleh investasi yang tidak bertanggung jawab. Apalagi di Indonesia atau bahkan skala dunia sudah banyak penipuan terkait investasi. Untuk itu, silahkan pelajari arti dari investasi dari komentar berbagai ahli di bawah ini.

1. KBBI

Sebagai salah satu sumber kaidah penulisan yakni KBBI yang merupakan singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Investasi memiliki pengertian yang patut Anda ketahui. Investasi adalah berupa penanaman modal dan uang di dalam suatu proyek perusahaan dengan tujuan memperoleh keuntungan atau laba. 

2. Haming dan Bamasalah

Menurut tokoh terkenal bernama Haming dan Bamasalah, Investasi adalah pengeluaran di masa sekarang untuk kepentingan membeli aktiva real baik berupa tanah, mobil, rumah dan lain sebagainya. Atau dengan kata lain bisa juga berupa aktiva keuangan yang mempunyai tujuan untuk memperoleh hasil keuntungan sebesar besarnya lagi dimasa yang akan datang.

3. Sadono Sukirno

Sebagai salah satu tokoh ternama, Sadono Sukirno mengemukakan pendapatnya tentang investasi. Menurutnya investasi merupakan sebuah aktivitas pengeluaran, pembelanjaan dalam hal penanaman modal pada perusahaan untuk membeli segala keperluan seperti barang barang modal, perlengkapan produksi yang memiliki peranan untuk menambah kesanggupan dalam memproduksi hasil barang maupun jasa.

4. Boediono

Berikutnya adalah pendapat dari Boediono. Ia berkomentar bahwa Investasi merupakan pengeluaran dari pihak sektor produsen atau swasta untuk kepentingan pembelian barang. Tujuannya sendiri adalah untuk meningkatkan dalam hal perluasan pabrik atau juga untuk menambah stok pabrik yang akan digunakan. 

5. Henry Simamora

Henry Simamora memiliki definis yang berbeda terkait investasi dari beberapa tokoh sebelumnya yang kita bahas. Menurutnya, Investasi adalah suatu aktiva yang dipakai oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan, menambahkan, atau mempertumbuhkan kekayaan melalui distribusi hasil investasi tersebut. Misalnya melalui pendapatan sewa, pendapatan bunga, deviden, royalty dan lain sebagainya.


Uraian diatas adalah deretan pengertian tentang investasi yaang wajib Anda ketahui. Khususnya bagi Anda yang sedang berniat untuk melakukan investasi atau menjalani bisnisnya. Baik investasi yang dilakukan secara manual maupun online, Anda harus tetap cermat dan waspada. Pastika  Anda memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup sebelum pada akhirnya mencoba berinvestasi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Investasi menurut beberapa pakar dan ahli"